Kampoeng Mbohang adalah sebuah surga kecil yang terselimut rapi dalam awan putih

Adalah lazim terjadi dalam sebuah pertemuan dengan siapapun,apalagi itu terjadi dengan sesama Manggaai pastilah ada istilah Nunduk;semacam pembiacaran silsialah keluarga. Baiklah saya juga harus nunduk sedikit tentang asal usul saya. Tentang saya terbuat dari apa??wakakak, emang Roti kali terbuat dari apa. yang mungkin semua manusia di dunia ini sama, yaitu: berasal dari tanah. Ya itu menurut kitab kudus. Menurut ilmu pengetahuan lain lagi, manusia dari Sperma. Ireng caro ho’ koen (baca dalam hati/Tabu)Si Darwin lagi bilang; kita berasal dari Monyet.hehe..Apapun itu, Kita adalah Manusia yang bisa Kentut. lalu bersyukur, ya Tuhan saya berterima kasih saya masih hidup.ini mnrt sya.hahahahahaha

Saya teruskan dulu NUNDUKnya:

Nama saya Adrianus Suryanto. Saya tidak mempunya nama fam. Saya lahir di sebuah kampung kecil jauh di pegunungan yang letaknya tepat di pertengahan manggarai. Kampung Mbohang namanya. Desa: Bangka Lelak, kecamatan: Lelak. Propinsi NTT, Negara: Indonesia berkembang, tidak pernah maju maju dari dulu sampai sekarang & bahkan mungkin sampai selama – lamanya.

Menurut para pendauhulu/ nenek moyang kami, kampung ini terbentuk dengan apa yang disebut dalam istilah manggarai; Tokong uma; menjaga kebun. Dahulu kala datanglah tiga orang ke Lingko Mbohang ini untuk dijadiakan lahan baru(uma rana) yang sekarang telah menjadi kampung Mbohang. Mereka itu adalah; Ema Lantu dari kampung Rejeng, Ema Dampul dari Karot dan Ema Ngatang dari Tonggur. Beka agu buar one mai ise so’o danong ga, on manga ami ho’o. Berkembang biak dan beranak cuculah mereka dahulu sehingga jadi ada-lah kami di dunia ini. Saya menjadi generasi ke sekian dari kampung mbohang. jadi boleh di katakan kampung mbohang itu merupakan gabungan dari tiga kampung seperti yang saya sebutkan di atas. that’s a flash history of my village. hehehe

Nah, apa yang menarik dari kampung saya ini??

Sayur - sayuranAda banyak hal yang menarik yang tentu saja anda perlu tau, bahwa sesungguhnya bumi manggarai adalah sebuah harta karun yang masih tertidur menikmati mimpi indah. Bagi anda yang tergila dgn kopi datang saja. Kami punya berbagai macam jenis kopi. Demikianpun sayur- sayuran, halia,kunyit, cabe, pokonya sangged kelurga dise bumbu manga taung . Apapun di kampung ini serba ada. Tombo data teke olon, one beo ho’o, timpoks ngais ise Ndesi, timung, ise tete raja agu tete daeng.( Tutur para pendahulu di kampung ini kestela, mentimun ubi dan sejenisnya dapt dgn mudah terantuk dgn kaki, karena saking subur dan banyaknya) di sini tidak mengenal musim selalau tersedia. Membenarkan syair lagu;lompat kayu dan batu jadi tanaman; lompat sana lompat sini semunya ada. Sangat menarik semuanya tumbuh tanpa dirangsang dgn zat kimia(pupuk). Sehat kan???? Ya tentu sja sehat. Ai bom pupuk BABA bo ga. pupuk pande ru.hehehehe

Apalagi yang menarik???

view dari kampung MbohangMasih banyak, untuk anda yang stress perlu refresing atau perlu udara segar plus sehat . Kampung saya tempatnya. Sekarang saja kalaw orang yang bermasalah dengan pasangan, entah itu masalah dengan pacar, atupun suami istri mereka mengunjungi kampung Mbohang. ya sekedar untuk mendinginkan kepala dan hatilah. krn kalau kepala uda dingin hatipun ikut adem, tenang diam menyejukan.hehehe. Good newsnya ; anda tdak perlu mengeluarkan sesenpun untuk ini. Tidak seperti didaerah lain di Indonesia, ke manapun anda pergi, masuk di suatu tempat, anda harus membayar dengan mahal.

Warga Kampung MbohangLetak kampung Mbohang yang berada tepat di puncak pegunungan membuat kampung saya ini seperti sebuah surga kecil yang terselimut rapi di dalam awan putih. Itulah kenapa semua orang yang datang ke sini menggigil kedinginan. saking dinginya sampai kepala panas bermasalh & hati yang gundah Menggalau tadi, jadi tenang diam dalam kedamaian kampungku.hehehe. Dingin untuk ukuran kita yang tinggal di daerah tropis.SDI Mbohang Ketika anda berdiri di kampung ini anda seakan teraasa berdiri di atas awan.oalaahhhh…ia tah???? ya..karena ke manapaun mata anda memandang, anda akan disuguhi dengan pemandanagan indah. Melihat ke arah Ruteng pegunungan indah berjejeran rapi seperti sudah di tata dgn rapi,sawah laba laba di kampung Cara-Cancar creasi leluhur kita dahulu begitu indah membentang lebar. Ke Barat tenggara anda akan melihat bagaiaman Lenkong lembor terlihat begitu menarik. Ke selatan ada pemandangn menarik bagaimana daratan Satarmese sampai mencium bibir pantai dpt terilihat begitu jelas. Ya begitulah surga kami. Lagi pula siapa yang pernah tau Surga yang sebenarnya??ga ada kan??wkwkwk

Pemandangan dari K.MbohangSaya sangat menjamin jadi ke manapun mata anda memandang, pemandagan indah terbentang begitu sempurna di mata anda . Anda akan terbawa kepada sebuah suasana, seperti sedang berada dalam sebuah museum lukisan karya Para Maestro. Lebaii!!!! Hehehe.

Ya mungkin saya terlalau lebai. Tapi ketika anda sudah mengunjungi kmpung uniqku, anda pasti sepaham dengan saya. Bahwa saya tidak lebai.

Jadi ketika liburan datang,sebaiknya anda perlu merasa pengalaman baru di kampung terindahku, kampung Mbohang. Banyak orang Indoesia menghabiskan banyak uang dengan menghabiskan waktu ke luar negeri hanya untuk mencari tempat terindah. lagi pula mereka menghabisakan uang utk orang lain. ya memperkaya negara tetangga.

IMG_2163Apakah kita tidak heran ada begitu banyak orang bermata biru datang ke berbagai tmpt di selruh pelosok Indonesia. mereka lalu melahap semua pemandangan yang ada, dan mengatakan; ah betapa berutnungnya saya berada di tempat ini. ketika di tanya; Mister bagaimana anda bisa datang jauh ke tempat kami ?? mereka lalu menjawab; anda sangat beruntung hidup di tengah surge. kalian orang Indoesia ini seperti punya mobil Ferary mewah tetapi tidak pernah mau mengendarainya. oahhhh.kenapa Mister? ya karena anda memiliki tempat indah yang sanagat luar biasa tetapi anda tidak pernah menikmatinya.haha. ya itu. jangan biarakan orang lain mengendarai mobil mewah kita. kalaupun mereka mau,biaralah mereka bayar semahal Surga.

Kalau Indonesia sellkomodo2013, kita orng Mbohang sellmbohangforever.

Momang laku beo mbohang haed keta momang ine wai Molas..wkwkwkwkwk

Salam Satu darah buat reba molas mbohang

4 thoughts on “Kampoeng Mbohang adalah sebuah surga kecil yang terselimut rapi dalam awan putih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s