Apa itu April Mop?

Tanggal 1 April kemarin , tak berapa lama, ketika aku terbangun dari mimpi malam, kedua sahabatku seperti biasa memulai harinya dengan secangkir kopi. Tak pernah bagi mereka melewati paginya dengan tanpa secangkir kopi. Katanya itu adalah penambah gairah pagi. Walaupun aku tau atau mungkin mereka juga menyadari bahwa kebiasan itu tidak baik untuk kesehatan karena dilakukan sebelm sarapan. Tapi, entahalah sepertinya mereka tak pernah peduli tentang itu. Toh mereka baik baik saja.Mai ge kopi gula de ga? (Mari kita minum kopi pagi) akupun bergabung untuk menimati pagi dengan kopi pait plus sebatang rokoknya, lengkap deh.

Ditengah kenikmatan rasa kopi Pait (kopi pait; kopi bubuk asli orang mangarai yang ditumbuk/digiling), temanku mengatakan dalam bahasaku “ole Andik denge lehau ko mata Rektor dite ge, one wie le mbaru sakit? tu’ung ko co’o tombo ho’o getaw? Tetung ta de mat adong ami ko agu ite”. intinya mereka mengatakan kalau semalam Rector sudah meninggal dunia di rumah sakit. Benar katanya semalam dia meninggal karena komplikasi penyakit. karena merasa belum yakin akupun menghabiskan kopinya secepat kilat. Kemudian mandi untuk segera ke kampus. sesampai di kampus rasanya tidak ada apa apa. setelah itu barulah kusadari ternyata hari ini tgl 1 April. Mereka benar benar berhasil mengerjaian aku. Demikian kronologis ceritaku menjadi “Poisson d’Avril” sebagai korban penipuan di April mop yang konon katanya sebagai hari yang legal untuk berbohong. Ada juga ya, hari yang legal untuk berbohong. dosa gak? soal dosa tidak dosa itu urusan Kelak dengan Sang Pencipta.

Lalu apakah April Mop itu? Apakah anda tau asal muasalnya?

April Mop, atau dalam bahasa Inggris orang sering menyebutnya April Fools’ Day, diperingati setiap tahun pada tanggal 1 April. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap berdosa atau bersalah. April Fools’ day biasanya ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap sesama, seperti kepada teman, keluarga, tetangga atua bahkankan denagn musuh sekalipun. Ini dilakuakan denagn tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.

Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afriaka Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai “April Mop”. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. April Mob juga banyak diperinagti di duni maya sperti media internet.

Asal Muasal April Mop

Menurut Asal usulnya bahwa tradisi April Mop atau April Fool’s Day diperkenakan pertama kali pada masa pemerintahan Raja Charles IX tahun 1582 di negeri Perancis. Konon katanya kejadian ini bermula di saat Paus Gregory XIII melakukan modifikasi terhadap penanggalan, yakni semula 1 tahun adalah 10 bulan, di rubah olehnya menjadi 12 bulan hingga seperti sekarang.

Namun tidak semua masyarakat Perancis saat itu setuju dengan perubahan Paus Gregory lakukan, sebagian dari mereka tetap merayakan tahun baru dimulai pada tanggal 25 Maret hingga puncaknya tanggal 1 April. Dan tindakan mereka, mendapat cemoohan masyarakat lain yang setuju perubahan tersebut, dan mengerjai mereka, dengan memberi undangan palsu dan alamat palsu.

Korban dari lelucon April Mop dikenal juga sebagai “Poisson d’Avril” atau ikan April di mana istilah ini diambil dari pergerakan Matahari yang meninggalkan zodiak Pisces (zodiak Pisces berlambang ikan dan berada di kisaran tanggal 20 Februari – 20 Maret).

So saranku, camkanlah dalam ingatanmu apapun ceritanya ketika itu diceritakan di tgl 1 Arpril, jangan mudah percaya karena itu bisa membuat anda menjadi next “Poison d’Aril”

3 thoughts on “Apa itu April Mop?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s