Fakta Menarik Tentang Kopi

March 28, 2014 at 12:19am
Bahwa kopi itu ditemukan oleh seekor kambing.
Konon katanya seorng gembala di afrika menemukan grombolan kambingnya berkumpul sedang mengunyak buah pohon yang kemudian dikenal sebagai pohon kopi. Gembala itupun semakin kaget melihat kambingbya begitu expresif dan sangat lincah setelah menelan beberapa buah kopi. kemudian iapun mengambil berapa buah dan mencoba sesampainya di rumah. apa yang terjadi kemudian?? ya diapun merasakan sensasi yang sama, lincah,gesit dan semaikin tak tertahan untuk selalu merasakan kenimatan pengaruh zat cafein.
Fakta berikut;
Bahwa kopi itu memiliki rasa senikmat dosa, taste as sin.hahaha..mau bukti??
Coba saja melakukan dosa sampai menemukan rasa senikmat kopi.kopi nggope nggapet lopo manggarai menyebutnya. tetapi sebenarnya yaa, ketika menikmati kopi itu ada rasa yang selalu membuat kita mengingini. entah rasa apa itu? yang pasti aroma kopi itu membumbung menusuk ruang dan menggoda bagi siapapun yg tersambar wewangian aneh itu. ya…seperti itu?? seperti rasa dosa.hahaah
Fakta berikut:
Bahwa kopi dpt meningkatkan gairah hidup tanpa tidur sekalipun.
kopikopi para dunia malam, para penyuka begadang dan mereka yg suka dgn kerja sitem kebut semalam. ga begadanag namanya kalau tanpa kopi. zat cafeinlah yang menajdikan kopi begitu diidamkan oleh siapapun. dengan memasukan zat ini kedalam tubuh, saraf kitapun bekerja dan merasuki otak untuk terus berpikir hingga menyebabkan kita susah tidur. inilah yang namanya mabuk kafein.

Bahwa kopi adalah minuman kehidupan
Di daerah saya Manggarai, orang tak pernah peduli dengan pengaruh cafein. pagi, siang ataupun malam orng menimati kopi.Dalam rangakain acara apapun,baik formal ataupun non, dalam acara suka ataupun duka, kopi hadir mengisi setiap lambung empuk ataupun tua. Bisa dikatakan kopi adalah sebuah simbol kebersamaan dan memeilki makna yg luas ttg hidup; pahit manisnya hidup tersirat dlm rasa dan tercampur satu dalam gelas kopi. lihat saja, di mana ada satu dua orang berkumpul di sana ada satu dua gelas kopi dan di sanapun berbagai cerita ttg hidup. ya.. kopi rasanya manis plus pahit atau bisa diseduh tanpa gula..emm pahitnya pande bekeringet ranga / membuat muka jadi jelek. itulah kopi kehdiupan.

Dan fakta berikutnya:
Kopi rasa sayang & cinta.
Konon sehabis minum kopi sprti ini, seseorng menjdi senang & jatuh cinta. ataw kalau salah meraciknya bisa jadi sebaliknya.Jenis kopi yg paling digemari oleh mereka yg suka berpwtulang asmara.bnyak orng menyebutnya kopi gombal, kemudian dipleset manjdi kopi gombal-isasi.hahah..ini ma ngarang aja?? oahh emang beneren ngarang dari fakta bro.coba aja suruh seorang impet/ cewek cantikmu,ingat!!! harus cantik lohhhh!!jgn yg jelek. suruh dia bikin kopi pasti ahh rasanya molass tu’ung…hahaha lah yg bikin aja uda molas,,pasti bikin kopi juga molas dong,wkwk.
nah yg menjadi menarik dalam kopi ini adalah proses pembuatannya. dalam meracik kopi ini mesti diseduh dengan rasa sayang, kasih dan emmm rasa ituloh..rasa cinta.ahaaa..ya ketulusan seseorang dalam membuatnya sampai pada menghidangkannya adalah resep penting dan manjur dlm membangkitan semangat cinta dan kasih sayang. semangat terpenting dalam menyokong kehidupan rukun dan damai. :)
coba saja anda bayangkan; anda bertamu di suatu rumah dan seserang menghidangkan anda tidak dgn tulus; meminum saja pasti enggan dan ahh sudah pasti rasanya sgt tidak enak kalaw diteguk. orng manggarai sering mengatakan; eme toe pande mai wa nain/pande demeng rengus kopi latang meka, meka ga, te inung kaut mendo keta nai, apankole eme kudut ganda ga; dong olo dungket musi cemol. Tidak ayik jadinya.
Saya pernah mencoba untuk kopi yg ini. tau gak??? impet/cewek saya mukanya pas pasan saja, setelah membuat kopi ini utk saya dengan benar sekejap diapun aku lihat oaowwwwwwww…cantik banget!!!haha.  wait!! utk cewek, ise weta..be careful eme salah panden kopi ho’o kdt latang genok koes. bisa langsung break up!! putusssssssssss.. emm..

Nah masuk ke fakta yang paling extrim;
Kopi campuran kebencian,kopi para pemuja setan.taste as evil (kopi ata janto)
Kopi jenis ini diyakini dpt menyebabkan orng yg meminumnya berubah jdi setan alias tewas.jiwanya gentayangan krna mati blm pd waktunya. Kopi ini juga diyakini masih beredar luas di daerah terpencil.emm seremmmm!! Namanya juga kopi janto. Menarik di sini karena menyinggung para pemuja setan(ata janto) Siapakah ata janto itu??? let me explain..ciehh. kita bedah sebentar kata demi kata. ata janto /orang manggarai menyebutnya poti janto. poti itu sendiri means orng yg memiliki sifat kesetanan, ata; manusia, dan janto; ilmu hitam jadi ata janto can be defined sbgai orang yg memiliki ilmu hitam., foget it, you’v got it.

Masuk kepada kopi tadi, yaiitu kopi kebencian adalah kopi yang sering digunakan oleh mereka yg memuja setan(data/poti jnto) tadi. tanpa sebab musabab mereka ini bisa melancarkan serangan kepada siapapun yang mereka tidak suka. dijanto/santet saja, ya kok bisa?? tanpa sebab gitu..

ya poti janto itu memiliki sifat terburuk dari lusifer yaitu kebencian, kedengkian dan semua yg menggambarkan lusiferlah..manusia bagi mereka poti janto adalah seumpama tikus percobaan di dunia kedokteran moderen. menjadi sakit sekarat atau mati bagi mereka tdk pernah peduli. ya. mereka malah senang kalau korbanya mati, konon itu menmbah waktu hidup nyata.ahh..kok jadi bahas poti janto..hahaha..namanya juga mabuk kopi…ga apa toh…hahaha. itu dia kopi kebencian dgn pemintanya poti janto.
makanya kalau di kampung jgn asal minum kopi,, mesti panggil poti janto utuk ngcek..welehhh tambah ribet,ya..mesti hati hati sajalah..belive or not that about evil coffee.

Fakta berikut;
kopi ajaib bisa meramal kehidupan.
Kopi jenis ini masih masi kerabat dkat dgn kopi para pemuja setan. Diyakini kopi jenis ini menjadi paling di minati oleh mereka yg ingin masuk dlm lingkaran setan. Nah,sgt menarik utk dibahas juga.why? Karena menjelang pemilihan caleg sekarang sihh, populer issue itu di segala media adalah tentang pemilu April nanti dan segala bentuk cerita kebohongan di dalamnya. Dan namanya seperti biasa pesta demokrasi kita tidak akan pernah bersih.lohh kok gitu. ya memang begitu. Dari kandunagn sampai sekarangpun semu partai atau ta’i..wekkk.ta’i??? mereka itu tainya masyarakat, samapah yang harus ta’ikan.Mereka itu mulutnya manis atau ngomongnya pinter tapi hatinya penuh ta’i, busuk, bau, tengik, dan sudah sajalah bicara tentang mereka itu tidak ada habisnya. lagian bicara tentang ta’i apa manfatnya...put them in the toilet, that’s the right place for them.

Mari kita tersukan dulu kopi ajaib tadi. tau gak kenapa kopi ini menjadi populer, ya karena mereka yg berhti penuh kotoran tadi. Dalam usaha memenangkan pemilihan segala carapun ditempuh tak peduli cara setan, itulah kenapa kopi poti/setan sgt dicari. Meminum kopi ini syaratnya cuma satu;ya percaya pada setan. kalau mereka se see… tidak perluh percaya atau tidak kepada setan, orang mereka setan.emm. Taste dri kopi ini bukanlah hal penting ttpi ampasnyalah yg menjadi rahasia kehidpuna para mereka yg ingin masuk dlm lingkaran para lusifer.(toto kopi; orng manggarai menyebutnya). apapun pesan yang tersirat dalam ampas kopi ini mereka sangat percaya. ya,,itulah kenapa aku meneyebut kopi jenis ini sgt extrim dan bukan hal yang dipungkiri kopi jenis ini membuat orang berhati benar benar setan. korupsi tanpa ampun, memakan uang rakyat tanpa merasa bersalah. inilah menjadi salah satu penyebab kenapa kangker korupsi sulit dimatikan. paling bisa mati mesti dibunuh sekalain tubuhnya baru hilang. dan flash news dulu. para pembaca di manapun berada INDONESIA menjadi negara yang paling menggemari kopi jenis ajaib..hahahaha..sekian flash newsnya.
mari kita lanjut dulu minum kopinya.

bagamaimana anda sekalaian peminat kopi.??
pastiakan anda meminum kopi yang benar..da wait..kita kok kambing yah???….lah ko begitu?? ya lihat kopi ditemukan sama seekor kambing..hahahahahahahah

DEAR PENODONG!

Dewanku yang tersohor nan horor!
Janganlah anda tuli..
Cukuplah anda duduk manis,
mendengar suara rakyat.
Bukanya besekongkol menjadi penodong!

Ingat!!!
Anda di sana karena rakyat.
Jagalah pikiran, hati dan segenap tubuh anda.
Jangan biarkan perut anda buncit dipenuhi cacing penghisap.

Taukah anda?
Ketika anda sakit, rakyat melarat.
Karena anda hanya menghasilkan keputusan yang tdk sehat (sakit)

penodong

KECILKU

**********
Ingat dikala itu.
“Ngo kawe haju”..
Bermain kami sehabis kayu api terikat rapi.
Berlari kami di padang hijau. Bebas lepas, kejar mengejar.
Teriak kami seturut hendak.
Huuuuuuuuuuuuuuu!!!!!
Alunan alam bebas menyatu dalam jiwa,
Gereng mane po koled de!! Labar ketad de..
Engta de !! Sahutku.
Ingat dikala itu..
One natas labar,
Tangis, tawa & senyuman polos tercampur satu.
Aku kudu hau e, Hau losi.
Eme haeng hau laku tong, kudu aku poli hitu!!Begitu seterus dan seterusnya!
kamipun terhenti dalam kelelahan,

Asid asid di ge!!
Irus dehau e..ndusel!! Hikhik…..
Kawanku Si BANGGAR” meringkik. Menahan tawa.
Dehau kole ye!!
Ingat ketika itu.
Di atas natas tertinggal awan merah.
Sebentar lagi bintang bintang bersinar indah.
Duduk kami di “watu katur”
Berbincang kami melepas lelah.
‘Ak bao wa sekolah e, ongga li Ibu. Ali pecu mpirang.,Wakaka…
co” neng tara toe pecu keles kaut bo ta!! Sahut kawanku.
Lempok e!!!hehee..
kong ta!!.Aku pecu mpirang kole diang!
Ondang losi meng hi ibu..

Hahhaa

tertawa kami bersama.
Onto camad diang e.
Kudut pecu cama cama!!
Tos di ta!!
Tosssssssss!!!!!!!
Labar koled diang e??
Engta!!.

Ingat kala itu itu.
Lopo zaka uwang weang one natas.

Duduk kami melingkari tungku api.

mengusir dinginya angin senja.
Pesa api!
bergegas kami masuk MBARU.
Oeee Banggar!!
Labar koled diaang ee!!!
Teriakku sebelum “tuke redang”
tadu para mbaru..
Tertidur aku tentang esok,

berjalan lompat menangkap bintang.

terbangun aku, terdengar aku suara surga.

nana, nana, nana. to’o ga!!

Baki ranga hitu, maram asi cebong damang.

hio pe”ang hi Banggar agu hae koem, kudut ngo sekolah.

hang laku tete tapa, wuat gula.

nana dedia labar agu hae wa sekolah to’ng.

iooo Mama..
Ngo sekolad ge Banggar!!
Seberapa jauh anda melangkah, kau pasti merindukan kampung halaman dengan sekelumit keunikan di dalamnya.
“nuk laku, Mbaru bate kaeng,natas bate labar”

S.AIMG_0464

Tundu Tenang CURUP

Jongok lonto, tundu wangka pu’ung mose lino.
Temba renca, rancak wancang.
“ata pea’ang, ko ata one” hituy goetn.

Tundu taka tundu,
nuk laku turuk ende luju.
du turung tuju.
Cear cumpe taen
kapu cauy lalong bakok.
curup nega;
“uwa haeng wulang, langkas haeng ntala”
lema emas, kantis ati, rani nain.”

Tundu lele tundu
tenang laku duhu wangkan mai pala.
ledong natas labar kawen moeng mose.
limbang tacik mbilar kawen mose dia
neki cas lawa, padirs wai rentus sai.
lalong bakok wuat turung lakog;
curup de ema luju;
“neka mangas watang pangga, ronggo do’ong'”
‘lalong bakok koe duhu lakom’ lalong rombeng duhu kolem’.

Kuta, 28 Oct.13
lonto

BANGKU USANG

Impianku tentangmu
Kau di kanan aku di kiri,
Kursi usang panjanglah tempat kita berkisah.
Kisah tentang hari esok yang indah.
Tentu saja bersama kau yang kudambakan

Impianku tentangmu
Aku di kiri, kau di kanan
Masih saja kita betah pada kursi usang itu.
Entah siapa saja yang sudah marajut asa di tempat ini,
Kita tak pernah tau, bangku panjang ini sungguh indah.
saksi bisu tentang keindahna cinta.
Mereka datang merajut mimpi, lalu pergi
Tak tau, entah ke mana mereka membawanya.

Impianku tentangmu,
Masih saja kita tak beranjak.
Kali ini kau menghampiriku,
tak tau bagaimana, kau sudah di kiri aku di kanan.
Tersihir aku pada wewangian indah rambut manismu.
Aroma itu seperti tak pernah mau pergi dari ingatanku.
kita lalu terlarut pada indahnya kehangatan rasa.
Mata kita tertutup, jemari remas meremas bagai sedang mengucap doa.
Nafas kita tersengal sengal, seakan sehabis mendaki bukit.

Terlarut kita pada impian indah.
Kursi usang itu, sepertinya bahagia menyaksikan kita berkisah.
Malam menjadi begitu indah, bintang bersinar.
Romantis kita berada di sini. Tak ingin aku, kau menjauh.
Wajahmu terlihat lembut, indah tersinar bulan purnama.
Bibir menguap, tertidur kau pada pundakku.
Terlarutlah kita pada mimpi tentang keindahan.

Impianku tentangmu.
Kau dikiri aku di kanan.
Saya bersandar pada kursi usang,
kau bersadar pada pundak impian.
Saya berpaling mencoba mencuri ciuman,
saat sa’at kau terlelap pada mimpi.

Tapi ahhhhhhhhhhhhhhhh
Ternyata aku terlarut pada impianku tentangmu.

Ini impianku.
kan kusimpan pada lemari pikiranku.

Suryanto A.
Kuta, 16, Oct. 13.
duduk-berdua-di-taman

Gadis Menari

Ku lihat gadis manis menari tanpa musik.
terbuai mabuk keindahan hidup.
ku coba bernyanyi tanpa musik.
lengkapi malam tanpa nada
klop sudah!!!hahahaha

Mari..mari Gadis!
kita bernyanyi melewati petang,
kita menari menyambut malam
rasakan irama indah alunan hidup.
biarakan nafas bebas lepas.

tak perlu nada indah,
bersama saja sudah cukup.
kau menari, aku bernyanyi.
kau terbuai, aku terhanyut.
ahaiiiiiiiiiiii

Kuta,14 oct.2013

gadis

NDERES NDERENG LESO WE’E

Nderes ndreng leso we’e
Tenang mane tana one natas.
wangkal agu hae labar, nggalas..
nggerle nggerlau kudu cama tau
neteng ranga manga tawa.

Ndres ndereng leso we’e
kaka ngkiong iok iok iok
lelap eta,enam neteng bendar,
kole labar neteng tana.
toe manga kendi one wekin,
apan kole manga ba..

Ndres ndereng leso we’e
inggos jihol ami kole masing kilo,
manga kid labar ata na’d
Le gula ndarut ruda dite cumang

Ndres ndereng leso we’e
denge laku landu lopo Nadus
tenang mose kae’eng tana
kanang ata kadi daku nai
lerem jejem tilu senget

Ndres ndereng leso we’e
com dopo no’o de leso ho’o
leso dion ndarut taung.
eme manga wangkal ata da’at
neka bass neteng ata,
one lesos lite ledong
peang natas lite na’ad.

Suryanto A.
Kuta, 08 Oct. 2013
ndres

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 981 pengikut lainnya.